HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.234.228.185
Pengunjung : 302.500






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Berita Kegiatan :



Mengobarkan Kembali Semangat Para Suster Misionaris melalui Rekoleksi Siswa

Rabu; 30 May 2018 [Agung Nugroho, SMP SANTO YOSEF LAHAT] - Berita Umum

Lahat (14/5) - Dalam rangka memeringati 100 tahun suster CB di Indonesia, siswa kelas 7 SMP Santo Yosef Lahat diajak untuk melaksanakan napak tilas di kompleks biara suster CB di Lahat pada hari Senin 14 Mei 2018 pukul 08.00-15.00 WIB. Kegiatan ini berguna untuk mengembangkan sikap compassion, celebration, competence, conviction, creativity, dan community pada setiap siswa, dengan melihat semangat perjuangan para suster dan kehidupan sehari-hari para suster.
Sebelum napak tilas dimulai, para siswa diminta untuk mengikuti sesi materi mengenai sejarah kedatangan suster CB di Indonesia khususnya di kabupaten Lahat, dalam sesi ini materi disampaikan oleh Suster Margareti CB selaku kepala komunitas suster CB Lahat. Selain sesi materi, siswa juga diajak untuk bersenang-senang dengan bernyanyi bersama.
Setelah sesi materi selesai, siswa diajak berkeliling kekompleks biara suster CB, siswa diperkenalkan berbagai tempat dan tata cara kehidupan para suster, seperti tempat berdoa atau kapel, jam doa, ruang tidur, ruang makan, cara menyimpan makanan dan tata cara makan, dan sebagainya. Sembari melihat tempat-tempat bersejarah atau cagar budaya di lingkungan biara para siswa juga diminta memahami cikal bakal berdirinya biara suster CB Lahat, seperti yang saya rangkum berikut ini.
Sejarah berdirinya biara Suster Cinta Kasih Carolus Borromeus atau biasa disebut Suster CB di bumi Seganti Setungguan (Kabupaten Lahat) tidak terlepas dari keinginan Pastor Hogeboom SCJ untuk mendirikan sebuah sekolah dasar di daerah ini, yang kini menjadi SD Santo Yosef Lahat. Pastor Hogeboom SCJ merupakan Biarawan Misionaris yang bertugas di Gereja Katolik Lahat. Waktu itu, sekitar bulan September 1933 pastor Hogeboom SCJ meminta kepada suster CB untuk menangani karya pendidikan, maka Muder Goudentia Brant CB sebagai pemimpin umum suster CB regio Sumatera meninjau daerah Lahat, lalu meminta kepada pimpinan suster CB di Belanda untuk mengutus dan membuka karya di Sumatera khususnya Lahat.
Maka pada tanggal 21 Mei 1936, bertolaklah suster CB dari negeri Kincir Angin. Pada tanggal 11 Juni 1936, para suster yang akan berkarya di Lahat tiba di pelabuhan Tanjung Periok dengan kapal "SIBAJAK". Selang 3 minggu, tepatnya pada tanggal 3 Juli 1936 ke- empat suster CB tiba di stasiun Lahat dari stasiun Tanjung Karang, suster tersebut adalah Suster Cornelienne CB, Suster Olga Polis CB, Suster Jose V.D Burg CB, dan Suster Wybrecha Prinsen CB. Kedatangan para suster ini disambut oleh umat dan Pastor yang bertugas di Lahat. Karena belum memiliki rumah untuk tinggal, maka para suster diminta untuk tinggal disebuah rumah kosong milik pemerintah kolonial Belanda di pinggir sungai Lematang, kini bernama Jalan Letnan Amir Hamzah dekat dengan SMA Negeri 1 Lahat.
Selama belum memiliki karya pendidikan, sosial, dan kesehatan para suster bekerja membantu warga setempat. Kemudian pada tahun 1938, suster CB membeli sebidang tanah seluas 4 hektar yang sekarang berada di Kelurahan Gunung Gajah. Di atas tanah ini didirikan bangunan sekolah, asrama, biara dan kapel. Pada bulan Maret 1939 barulah para suster pindah ke biara karena pembangunan gedung tersebut selesai.
Saat ini ada 7 orang suster yang berkarya di Lahat, yaitu Suster Cornelio CB sebagai kepala Yayasan Tarakanita kantor wilayah Lahat, Suster Margareti CB sebagai kepala Klinik Pratama Santo Yosef, Suster Avilla CB sebagai guru dan wakil kepala sekolah bidang humas dan sarpras di SMA Santo Yosef Lahat, Suster Alice CB sebagai pengajar di TK Santo Yosef Lahat, Suster Rainha CB sebagai pemerhati Gereja dan Umat katolik Lahat, serta Suster Sofiani CB dan Suster Agnes CB sebagai suster pendamping di Asrama Putri Maria Goreti.
Semoga dengan diperkenalkannya sejarah kedatangan para suster ke Lahat dan kehidupan para suster CB, para siswa dapat memaknai arti kehidupan, mampu hidup disiplin, dan menyerahkan semua kepentingan hidup kedalam tangan Tuhan (AS)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :